Selasa, 22 Maret 2011

PKL di Sungai Rumbai Menjamur




SUNGAI RUMBAI- Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Kecamatan Sungai Rumbai saat ini kian menjamur, bahkan lokasi PKL ini kian sembrawut. Sehingga mengganggu keindahan kota Kecamatan Sungai Rumbai. Hal ini diakui salah satu warga Sungai Rumbai Rahman saat dikonfirmasi Bungo Pos kemarin.

“PKL dari hari kehari kian marak, tempatnya juga kian sebrawut. Tidak ada tata letak yang bagus, sepertinya dibiarkan begitu saja,” jelasnya sembari menyayangkan tidak adanya pengelolaan terhadap para PKL ini.

Kata Rahman, Sungai Rumbai yang digelar sebagai pusat ekonomi dan perdagangan Kabupaten Dharmasraya seharusnya mulai berbenah dengan melakukan penataan terhadap para PKL ini. Sehingga PKL bisa tertata dan tidak mengganggu keindahan kota dan juga tidak mengganggu arus lalu lintas di Sungai Rumbai ini.

“Kalau kita lihat keberadaan PKL ini tidak tertata dengan baik, sehingga Kecamatan Sungai Rumbai terkesan sembrawut dan tidak enak dipandang oleh mata. Jika ini dibiarkan begitu saja, maka Sungai Rumbai bisa digelar pusat PKL,” tegasnya.

Senada dengan Rahman, salah satu warga Sungai Rumbai lainnya Idrus, juga mengaku kalau keberadaan PKL ini membuat Kecamatan Sungai Rumbai  jadi kota sembrawut. “Seharusnya PKL ini bisa ditata dengan baik, sehingga Kecamatan Sungai Rumbai menjadi pusat perdagangan dan juga memiliki PKL yang tertata dengan baik. Ini tugas dari pemerintah,” jelasnya sembari mengatakan kalau pembenahan ini harus dilakukan oleh pemerintah melalui pemerintah Kecamatan.
Menanggapi hal itu, Wali Nagari Sungai Rumbai H Rasul Hamidi Dt Saridano saat dikonfirmasi Bungo Pos beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya berencana akan melakukan pembangunan kios mini yang diperuntukan untuk para PKL.
Kata Wali Nagari, rencana untuk pengembangan pembangunan di Nagari Sungai Rumbai pihaknya akan membangun kios mini diperuntukan bagi PKL yang saat ini masih menggunakan tenda biru plastic yang ada dipinggiran jalan lintas sumatera Sungai Rumbai. “Nantinya semua PKL yang berjualan di pinggir jalan ini akan kita pindahkan ke kios yang akan dibangun nanti,” bebernya.

Dengan seperti itu, kata pemilik Plaza Sungai Rumbai ini, maka Nagari Sungai Rumbai akan menjadi Nagari yang asri dan enak dipandang dengan letak ruang perekonomian yang tertata. “Rencana pembangunan ini akan kita lakukan tahun ini, semoga saja ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Ini menjadi harapan kita, mengingat Nagari Sungai Rumbai dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan yang signifikan,” jelasnya. (ami)

2 komentar:

  1. BTW jembatan sungai betung uda di perbaikin lum... submit berita fotonya dong

    BalasHapus
  2. bukan berita yg menarik,
    coba yg diberitai dan yg diwawancarai pak wali nya ttg "berapa pemasukan bg APBD dharmasraya dr pasarsungai rumbai yg merupakan pasar yg terbesar di dharmasraya"

    hati2 terhadap penyelewengan pengelolaan pasar...

    BalasHapus