Kamis, 24 Maret 2011

Pemkab Kembali Cetak Sawah Baru



SITIUNG- Untuk mensejahterakan masyarakat khususnya para petani, pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas pertanian tanaman pangan dan Holtikultura kembali melakukan percetakan sawah baru bagi para petani.

Bupati Dharmasraya Adi Gunawan saat dikonfirmasi Bungo Pos kemarin mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan cetak sawah sebanyak 600 hektar, artinya masih ada sisa 2000 hektar sawah lagi yang harus pemerintah lakukan perkembangan areal persawahan untuk masyarakat Kabupaten Dharmasraya. “Alhamdulillah saat ini pemerintah Provinsi juga akan memberikan bantuan untuk percetakan sisa sawah yang harus dikembangkan untuk dicetak menjadi sawah baru,” jelasnya.

Kata Bupati, pada kunjungan Gubernur Sumatera Barat Rabu kemarin, Gubernur juga menyempatkan diri untuk melihat secara langsung percetakan sawah baru di Nagari Siguntur Sitiung yang luas area percatakan yang akan dibangun sebanyak 30 hektar. “Saat ini percetakan sudah siap untuk ditanami, kita tidak akan bosan-bosan mengarahkan kepada para petani untuk kembali kesawah menanam padi. Kita akan selalu membantu para petani, baik bantuan materi maupun bantuan tenaga melalui PPL,” tegasnya.

Ditambahkan Bupati, percetakan sawah baru ini dilakukan selain untuk mensejahterakan para petani, pemerintah juga akan memantapkan ketahanan pangan berkelanjutan untuk Kabupaten Dharmasraya.

“Insya Allah kita kedepan kita tetap menyandang pradikat ketahanan pangan bahkan kita surplus beras. Kita juga sudah memiliki produksi beras sendiri yakni beras Dara Jingga yang ada di Nagari Siguntung. Ini bentuk komitmen dari pemerintah untuk mensejahterakan para petani khususnya di Kabupaten Dharmasraya,” tandasnya.

Terpisah Kadis Pertanian Afdal JP Tamsin saat dikonfirmasi mengatakan, percetakan sawah baru yang dilakukan di Nagari Siguntur Sitiung itu menggunakan dana DIPA dinas pertanian sebesar Rp 225 juta untuk percetakan sawah seluas 30 hektar. “Percetakan sawah baru ini sedang dilakukan,” tegasnya.

Ditambahkan mantan kepala Badan Penyuluhan Pertanian ini, produksi beras untuk Kabupaten Dharmasraya untuk setiap tahunya terus mengalami peningkatan bahkan surplus. “Tahun lalu produksi beras kita mencapai 56.634 ton naik 17,45 persen dari tahun sebelumnya, kita masih surplus beras sebesar 27 ribu ton dari kebutuhan seluruh warga Kabupaten Dharmasraya. Tahun ini kita juga yakin akan mengalami kenaikan,” tandasnya. (ami)

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar