Selasa, 22 Maret 2011

Siswa Siap Hadapi UN


PULAU PUNJUNG- Siswa yang akan mengikuti ujian nasional (UN) yang akan diadakan bulan april ini, menyatakan siap untuk mengikuti UN yang akan dilaksanakan tanggal 18 hingga 21 April 2011 mendatang.
Salah satu siswa SMAN I Pulau Punjung Anis, saat dikonfirmasi Bungo Pos kemarin mengatakan, dirinya siap untuk mengikuti penyelenggaraan UN ini. “Kitakan sudah belajar, apalagi jauh-jauh hari kita telah mempersiapkan UN ini. Ya kita dah siap lahir dan bathin,” ujar siswi yang mengaku tinggal di Sungai Kambut ini.
Kata Anis, selain persiapan materi yang telah diikuti selama dirinya les dan mengikuti beberapa try out, dirinya juga sudah siap mental. “Kita baru saja mengikuti training carakter building, disitu kita mendapatkan motivasi. Jadi kita optimis bisa menghadapi UN dengan baik, Insya Allah hasilnya juga akan baik,” tegas anis diamini oleh teman-temannya.
Senada dengan Anis, siswa SMAN I Koto Baru Muhammad, saat dikonfirmasi Bungo Pos juga mengaku kalau dirinya dan teman-teman siap menghadapi UN yang tidak lama lagi akan mereka (Siswa-red) ikuti. “Kita sudah persiapkan jauh-jauh hari, jadi g cemas lagi. Insya Allah kita bisa menjawab apa yang akan diujikan nanti,” tegasnya.
Selain itu, kata Muhammad,  persiapan yang dilakukan dirinya dan teman-teman tidak hanya persiapan materi saja mental juga dipersiapkan. “Kita selalu berdoa semoga diberi kemudahan dalam menghadapi UN ini, apalagi tingkat kelulusan juga tinggi,” jelasnya.

Ditanya apakah dirinya cemas dalam menghadapi UN ini, diakui Muhammad, cemas itu pasti tapi tentunya persiapan yang telah dilakukan selama ini bisa membuat rasa cemas itu hilang. “Insya Allah saya siap,” tandasnya.
Terpisah Kabid SLTP/SLTA Dinas Pendidikan Hasan Basri Sy saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu, mengatakan kalau pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu mengenai pelaksanaan UN ini. “Kita yakin sekolah sudah siap menyelenggarakan UN, apalagi untuk materi UN telah dipersiapakan jauh-jauh hari,” tegasnya.

Kata Hasan, pihaknya juga selain melakukan himbaun kepada seluruh sekolah untuk melakukan persiapan dalam menghadapi UN baik melakukan tambahan belajar tentang materi yang di UNkan, dinas pendidikan juga melakukan terobosan terbaru dengan menggelar training carakter building. “Ini telah kita lakukan kepada seluruh sekolah yang akan menghadapi UN,” jelasnya.

Training ini dilakukan kata Hasan, sebagai sarana motivasi bagi siswa sebelum menghadapi UN yang akan digelar dalam bulan april ini. “Jadi persiapan mental dari siswa juga kita lakukan, sehingga mereka (Siswa-red) tidak mencemaskan UN ini,” bebernya.
Selain itu Hasan juga menambahkan, untuk tahun ini system kelulusan dalam UN berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana nilai tinggi dalam ujian nanti, tak ada jaminan untuk bisa lulus UN.
Kata dia, ada tiga criteria yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam menentukan kelulusan UN tahun ini. Dimana selain hasil ujian nasional, hasil ujian sekolah serta rapat dewan guru juga menjadi penentu dalam kelulusan siswa. “Meski siswa tersebut mendapatkan nilai tinggi, jika akhlak di sekolah tidak bagus. Siswa tersebut bisa tidak lulus dalam UN,” tandasnya. (ami)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar